Take a fresh look at your lifestyle.

Tanda-tanda Kontraksi Palsu Pada Ibu Hamil

Tanda-tanda Kontraksi Palsu Pada Ibu Hamil 1

Tidak sedikit ibu hamil yang terkecoh buru-buru pergi ke rumah sakit berpikir sudah tiba saatnya untuk melahirkan, hanya untuk diberi tahu oleh dokter bahwa kontraksi tersebut hanya tipu-tipu. Kontraksi palsu ini dikenal sebagai kontraksi Braxton Hicks.

Kontraksi Braxton Hicks adalah cara tubuh Anda bersiap menyambut hari kelahiran si buah hati, tapi tak semua wanita bisa mengalami kontraksi palsu. Dan di beberapa kasus, kontraksi nyata yang terasa kuat dan lebih teratur bahkan bisa timbul tanpa peringatan sama sekali.

Melansir dari laman babycenter.com, berikut beberapa tanda dari kontrakasi palsu. Jika mengalam hal ini, tetap tenang dan jangan panik.

Tanda-tanda Kontraksi Palsu Pada Ibu Hamil

  • Kontraksi palsu umumnya ditandai dengan mengerasnya atau mengencangnya perut. Rasa dari kontraksi palsu seperti kram perut ringan namun cukup mengganggu.
  • Rasa tidak nyaman dari risiko kontraksi palsu biasanya berpusat di bawah perut namun tidak memicu proses pembukaan rahim.
  • Kontraksi palsu polanya acak, tidak tahan lama, tidak sering, tidak parah dan bisa terasa menyakitkan tapi bisa juga tidak sakit sama sekali.
  • Kontraksi ini tidak dilanjutkan dengan adanya bercak darah dari miss V.
  • Air ketuban tidak pecah. Keputihan juga tidak terlalu parah.
  • Dengan berganti posisi, rajin jalan kaki di pagi hari, rajin senam atau melakukan aktivitas lain, kontraksi palsu bisa sembuh atau reda dengan sendirinya.

Anda mungkin mengalami kontraksi palsu ini selama trimester ketiga atau bahkan trimester kedua. Namun perlu diingat bahwa tidak semua wanita mengalami persalinan palsu, dan ketika ragu, selalu hubungi dokter kandungan atau bidan. Kadang-kadang satu-satunya cara untuk mengetahui pasti adalah untuk menjalani pemeriksaan vagina. Dokter dapat mengecek apakah leher rahim Anda sudah berubah dan bersiap untuk persalinan.

Jika dokter memastikan bahwa ini belum saatnya, Anda bisa meredakan nyeri yang mungkin timbul dari kontraksi palsu dengan berendam hangat atau pijat. Atau, jalan-jalan ke luar rumah sebentar untuk menghilangkan kontraksi palsu ini. Jika Anda ibu hamil yang aktif, tak apa untuk beristirahat karena tubuh Anda sedang mempersiapkan kelahiran si kecil. Pastikan untuk selalu minum banyak cairan.

Sahabat, itulah beberapa Tanda-tanda Kontraksi Palsu Pada Ibu Hamil. Namun ingat, tidak semua perempuan mengalami yang namanya kontraksi palsu di kehamilannya. Jika terjadi ketidaknyaman selama kehamilan, jangan ragu untuk segera melakukan pemeriksaan pada dokter atau bidan ahlinya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.