Take a fresh look at your lifestyle.

5 Gerakan Yoga Ibu Hamil Agar Tetap Sehat

"5

Ketika ibu hamil, sering kali mereka merasakan sakit pada tubuhnya. Sebagian besar merasakan sakit, tapi tidak tahu berasal dari mana. Ditambah lagi, perut yang semakin membesar seiring tumbuhnya bayi dalam rahim sering membuat mereka sulit untuk berbaring dan memposisikan tubuh dalam melakukan kegiatan apa pun. Cathy Louise Broda, pemilik studio yoga di Honolulu, Hawaii, juga merasakan hal yang sama. Rasa sakit dan tidak nyaman bahkan bertambah ketika Broda mengandung bayi kembar.

Selama 23 tahun, Broda berlatih yoga hampir setiap hari. Hingga akhirnya dia menemukan lima pose yoga yang paling baik untuk ibu hamil. Sehingga, rasa sakit tadi bisa berkurang. Selain itu, peregangan otot yang ada pada tiap gerakan yoga ini sangat baik untuk memberikan ruang pada rahim untuk si bayi, agar tumbuh dan bisa bergerak dengan leluasa. Tentu saja gerakan ini selain baik untuk sang ibu, juga bisa membantu pertumbuhan bayi di dalam kandungan menjadi lebih baik. Buat kamu, atau ibumu, atau anggota keluarga yang sedang mengandung, lakukan lima pose yoga ini secara rutin agar rasa sakit hilang serta kesehatan ibu dan anak tetap terjaga.

5 Gerakan Yoga Ibu Hamil

1. Extended Side Angle

"5

Sebelum memulai kelima gerakan yoga ini, ada baiknya kamu bermeditasi dengan duduk bersila. Putarkan kepalamu perlahan-lahan ke kiri dan ke kanan. Kamu mungkin ingin melakukannya dengan cepat. Tapi cobalah untuk bersabar dan lakukan perlahan. Setelah itu, berdirilah dan lakukan Extended Side Angle pose seperti pada gambar di bawah ini. Gerakan ini sangat baik untuk menguatkan otot kakimu yang harus menopang berat badan yang semakin bertambah. Selain itu gorakan ini juga baik untuk menghilangkan pegal-pegal pada pinggul karena terlalu lama duduk.

2. Triangle

"5

Bukan hanya membutuhkan kaki yang kuat, seorang ibu yang sedang mengandung juga harus meregangkan otot bagian samping pada tubuhnya. Pinggul menjadi bagian yang juga tak kalah penting untuk diperhatikan. Sering, kan, kamu melihat ibu hamil memegangi pinggul karena pegal? Dengan gerakan ini, rasa sakit pada pinggul dan pinggang akan hilang.

- Advertisement -

3. Sitting Side Stretch

"5

Setelah melakukan dua gerakan sambil berdiri, sekarang waktunya meregangkan otot sambil duduk. Broda mengatakan, saat perutmu semakin membesar, satu hal yang penting dan sering luput dari perhatian ibu hamil adalah memberikan ruang sekitar torso (bagian tubuh kecuali kepala, tangan, dan kaki). Karena itu kamu harus melakukan peregangan tubuh, termasuk pinggang kanan-kiri, pinggul, dan juga pelvis.

4. Cat/Cow

"5

Berat tubuh ibu hamil pasti bertambah seiring dengan tumbuhnya bayi dalam perut. Kamu mungkin sering dengar kalau ibu hamil ternyata juga merasa berat saat ‘membawa’ perut yang besar kemana-mana. Karena itu, sering kali punggungnya terasa sangat pegal. Nah, gorakan yoga yang paling cocok untuk menghilangkan sakit pungguh adalah cat/cow pose. Mungkin goerakan ini sangat lucu buatmu. Tapi, gerakan ini ampuh mengusir pegal dan sakit pada punggung. Kamu juga bisa melakukannya meskipun tidak sedang hamil, lho.

5. Child’s Pose

"5

Gerakan terakhir, nih! Ibu hamil kerap merasa lelah, bahkan lebih lelah dibanding pada saat belum hamil. Karena itu, penting baginya untuk beristirahat dan menenangkan diri. Gerakan ini sangat baik buatnya karena akan mengendurkan semua otot yang tadinya tegang, termasuk wajah. Broda menganjurkan, saat melakukan posisi ini, tarik napas dalam-dalam dan kendurkan otot wajahmu. Dua hal ini juga yang akan para ibu hamil lakukan pada saat melahirkan!

Kelima gerakan ini sangat baik untuk ibu hamil. Tapi bukan berarti tidak boleh dilakukan perempuan lain yang yang sedang tidak mengandung. Dengan melakukan peregangan secara rutin, proses melahirkan juga akan menjadi lebih mudah, lho.

Demikian artikel 5 Gerakan Yoga Ibu Hamil Agar Tetap Sehat, semoga bermanfaat…

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.