Take a fresh look at your lifestyle.

Mencegah Varises pada Ibu Hamil

Mencegah Varises pada Ibu Hamil 1

Mencegah varises pada ibu hamil./Copyright shutterstock.com

Varises pada ibu hamil kadang terasa sangat mengkhawatirkan. Varises adalah kondisi ketika pembuluh darah yang paling dekat dengan permukaan kulit mengalami pembengkakan atau pelebaran. Hal ini yang kemudian membuat pembuluh darah tampak berubah warna jadi biru atau keunguan serta menonjol keluar.

Selama kehamilan, ada peningkatkan aliran darah ke jantung. Dilansir dari boldsky.com, laju aliran darah ke kaki dan panggul kemudian malah jadi menurun. Hal ini kemudian bisa menyebabkan pembengkakan.

Perkembangan janin dalam kandungan juga bisa menyebabkan tekanan dalam pembuluh darah di kaki dan menyebabkan varises. Varises pada ibu hamil juga bisa disebabkan oleh peningkatan produksi progesteron dalam tubuh.

Sejumlah tindak pencegahan bisa dilakukan agar terhindar dari varises selama kehamilan. Berikut tips-tips sederhana yang bisa dicoba.

Mencegah Varises pada Ibu Hamil

1. Jangan duduk atau berdiri terlalu lama

Sering-seringlah menggerakkan badan. Jangan bertahan pada satu posisi dalam jangka waktu lama. Jangan berdiri terlalu lama, juga jangan duduk terlalu lama. Kalaupun duduk, usahakan kaki tidak dilipat supaya aliran darah bisa tetap lancar.

2. Tempatkan bantal di bawah kaki sebagai penopang

Saat duduk selonjor, tempatkan bantal di bawah kaki sebagai penopang. Setidaknya posisi kaki bisa sedikit lebih tinggi dari tubuh. Supaya aliran darah bisa mengalir lebih lancar. Meninggikan kaki saat isirahat atau akan tidur juga bisa jadi cara mudah mencegah varises.

3. Tidur miring ke kiri

Saat tidur, pilih posisi miring. Bahkan tidur miring ke kiri bisa bantu cegah varises. Sebab dengan cara ini bisa meredakan tekanan pembuluh darah di kaki dan mengurangi gejala varises.

4. Mengenakan stoking kompresi

Ada stoking kompresi yang bisa dikenakan untuk mencegah darah menumpuk di kaki. Dengan stoking ini, aliran darah di kaki bisa lebih lancar dan memudahkan gerak atau mobilitas sehari-hari.

5. Mengenakan sepatu tanpa hak tinggi

Sepatu bertumit rata (flat shoes) paling aman dan nyaman untuk ibu hamil. Hindari penggunaan sepatu bertumit tinggi (high heels). Bila saat berjalan merasa tak nyaman atau kaki terasa sakit karena sepatu yang tak nyaman, segera istirahat dan selonjorkan kaki.

Varises bisa diatasi dengan tindakan operasi tapi tidak dinajurkan dilakukan saat sedang hamil. Untuk pemeriksaan dan penanganan yang lebih lanjut, segera berkonsultasi ke dokter, ya…

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.