Take a fresh look at your lifestyle.

5 Manfaat Pijat Payudara & Cara Memijatnya

5 Manfaat Pijat Payudara

Banyak spa khusus wanita yang dilengkapi dengan fasilitas perawatan payudara. Namun, nampaknya tak terlalu banyak perempuan yang melakukan perawatan ini, karena masih tabu dan belum banyak atau tren dilakukan orang saat ini. Perawatan payudara itu penting, terutama pijat payudara. Dikutip dari Times of India, Anda tidak perlu pasangan pria untuk memijatnya. Hal ini bisa dilakukan sendiri

5 Manfaat Pijat Payudara

Payudara bisa dikatakan sebagai salah satu aset kebanggaan para kaum hawa. Meski memang tidak selalu nampak dengan jelas, tapi penting untuk senantiasa merawat kesehatan organ tubuh yang satu ini. Salah satu cara yang bisa dilakukan yakni rutin memijat payudara. Sebenarnya, apa manfaat pijat payudara bagi kesehatan tubuh?

1. Membuat lebih besar

Pijatan payudara membantu meningkatkan sirkulasi darah pada jaringan yang menyimpan lemak ini. Dengan memijatnya, hormon prolaktin akan terlepas dan membuatnya lebih besar. Anda bisa menggunakan minyak seperti lavender untuk melakukan pijat. Bahkan, minyak kepala hangat juga bisa membantunya lebih besar.

2. Mencegah kanker

Sebelum masuk ke tahap pemeriksaan dokter, cara paling awal untuk mengecek adanya “bibit” kanker payudara yakni dengan melakukan pijat payudara. Sebuah penelitian yang di tahun 2011 yang dimuat dalam Journal of Women’s Health, melaporkan bahwa sekitar 25 persen wanita dapat mendeteksi lebih dini terkait kanker payudara.

Di sinilah manfaat pijat payudara berperan sebagai pemeriksaan awal, yang akan membantu Anda mengetahui ketika ada yang tidak beres dengan sepasang payudara. Dari penelitian tersebut, kurang lebih 18 persen peserta lainnya menemukan adanya kemungkinan kanker payudara secara tidak sengaja.

Jika saat memijat payudara tanpa sengaja Anda merasakan muncul benjolan berukuran kecil maupun besar, jangan disepelekan. Kanker payudara bukanlah penyakit ringan yang bisa dipandang sebelah mata.

Itu sebabnya, mendeteksi penyakit ini sedini mungkin melalui pijat payudara, bisa semakin mempercepat proses pengobatan sebelum nantinya terlambat.

- Advertisement -

3. Stimulasi seksual lebih baik

Pijatan payudara dapat meningkatkan kepekaannya. Ini karena memijat membuat Anda lebih sadar akan sentuhan dan hal itu mempengaruhi otak secara positif. Orgasme juga akan lebih baik dengan ini.

4. Payudara lebih kencang

Jika merasa payudara Anda kendur, pijatlah. Ini dapat membantu menguatkan jaringan dan membuatnya lebih kencang.

5. Mengobati stres

Memijat payudara melepaskan hormon oksitosin. Ini membantu dalam mengurangi stres, depresi, serta menyebabkan perasaan bahagia.

6. Mencegah penuaan

Dengan memijat payudara, akan melepaskan hormon oksitosin, prolaktin, dan estrogen. Ini menghasilkan efek anti-penuaan. Ketiga hormon ini sangat kuat untuk mencegah penuaan, sehingga Anda akan terlihat dan terasa lebih muda.

Cara Memijat Payudara

Tidak butuh waktu lama untuk mendapatkan manfaat dari pijat payudara ini. Anda hanya perlu meluangkan waktu sekitar 10-15 menit setiap harinya untuk memberikan pijatan pada payudara, dengan cara sebagai berikut:

  1. Pertama-tama fokuskan pijatan pada satu payudara terlebih dahulu. Letakkan satu tangan di bagian atas payudara, dan satu tangan lagi di bagian bawahnya.
  2. Pijat payudara dengan gerakan melingkar, sembari sedikit memberikan tekanan. Lakukan hal yang sama pada bagian payudara lainnya.
  3. Jika ingin sembari mengecek adanya benjolan yang berisiko kanker, Anda bisa melakukan pijatan di depan cermin atau sambil berbaring.
  4. Angkat salah satu tangan ke atas, dan tangan lainnya digunakan untuk memijat sekaligus memeriksa salah satu payudara.
  5. Berikan tekanan yang ringan, sedang, sampai agak kuat saat memijat semua bagian payudara.
  6. Pastikan pijatan juga Anda lakukan sampai ke bagian ketiak yang berhubungan langsung dengan payudara.
  7. Ulangi hal tersebut pada bagian payudara yang lainnya.
  8. Akhiri pijatan dengan sedikit meremas bagian puting susu. Jika terasa sakit yang tidak normal, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Ternyata memijat payudara sangat baik untuk kesehatan wanita, tapi jangan asal pijat juga Sobat..datangilah tempat-tempat yang sudah memiliki sertifikasi untuk melakukan itu. Demi memastikan kondisi payudara yang sesungguhnya, Anda bisa berdiri di depan cermin untuk melakukan pemeriksaan visual melalui penglihatan. Carilah perbedaan ukuran, bentuk, serta perubahan warna yang mungkin menandakan ada yang tidak beres dengan payudara Anda.

- Advertisement -

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.