Take a fresh look at your lifestyle.

Pesona Air Terjun di Lereng Gunung Rinjani

Pesona Air Terjun di Lereng Gunung Rinjani

Deretan hijau yang menyelimuti Gunung Rinjani tak saja memberi berkah pada penduduk Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Gunung Rinjani juga menyajikan segudang keajaiban alam yang menakjubkan. Salah satunya Air Terjun Benang Kelambu.

Air terjun ini terletak di lereng Rinjani, tepatnya di Desa Aik Bukaq, Kecamatan Batukliang Utara, Lombok Tengah, NTB. Jaraknya sekitar tiga jam perjalanan dari pusat kota Mataram, Lombok. Sebenarnya, jalan menuju Benang Kelambu tak terlalu sulit, namun karena minim petunjuk beberapa wisatawan hampir tersesat.

Pesona Air Terjun di Lereng Gunung Rinjani

Pesona Air Terjun di Lereng Gunung Rinjani

- Advertisement -

Benang Kelambu adalah satu dari dua air terjun yang ada di lereng Rinjani. Untuk mencapainya, kamu bisa gunakan sepeda motor dengan biaya kurang lebih Rp. 20.000. Kalau ingin berjalan-jalan secara harfiah, maka kamu bisa menapaki langkah sejauh 4 kilometer demi mencapai Benang Kelambu. Alternatif ini cocok bagi kamu yang suka menjelajahi hutan sambil menikmati teduhnya pepohonan.

Bertetangga dengan Benang Stokel, air terjun Benang Kelambu ini terbilang unik. Pasalnya, aliran air dari tebing tinggi ini tak jatuh secara serta-merta, melainkan bertahap lewat celah-celah tanaman merambat yang tumbuh lebat di sekitarnya. Tanaman rambat ini seakan jadi kelambu bagi air terjun yang mata airnya berasal dari danau Segara Anak (Segara Anak adalah danau kawah Gunung Rinjani).

Air yang jatuh dari ketinggian sekitar 35 meter ini sanggup memberi nuansa tenang, lengkap dengan balutan udara sejuk khas pegunungan. Tak bergemuruh, namun Benang Kelambu punya pesona tersendiri untuk memukau pelancong domestik maupun mancanegara. Terdiri dari 3 tingkatan yakni, pertama dengan ketinggian 30 meter. Kemudian memasuki tingkat kedua di ketinggian 10 meter dan yang terakhir hanya 5 meter.

Pesona Air Terjun di Lereng Gunung Rinjani

Bertandang ke sini, perspektif baru akan gunung Rinjani yang bisa didapatkan. Tak hanya bisa menikmati jalur pendakian dengan kukungan pesona alam, “keajaiban alam” di Lombok ini pun bisa berupa aliran air yang jatuh dari tebing-tebing cadas dengan ketinggian puluhan meter. Jadi, berani untuk merasakan nuansa berbeda di lereng Rinjani?

Pesona Air Terjun di Lereng Gunung Rinjani memang sangat memanjakan mata akan kerinduan keasrian alam. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi sobat dalam menyusun rencana liburan.

 

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.