fbpx

5 Manfaat Mengonsumsi Kentang

240

Kentang memang bukan satu bahan makanan baru. Namun, olahan lain makanan dengan tekstur lembut ini selalu bermunculan. Sehingga, cara menikmati lezatnya kentang kian berbeda di setiap kesempatan. Mudah dipadu-padankan dengan bahan makanan lain membuat kentang jadi satu pilihan utama untuk dikonsumsi.

Namun, tak hanya berlatar belakang pada pengolahan yang relatif mudah. Seperti makanan lain, kentang pun punya manfaat bagi tubuh. Tak heran kalau banyak orang yang mengaku suka kentang. Supaya sah jadi pecinta kentang, simak dulu deretan manfaat yang dididapat ketika mengonsumsi kentang.

5 Manfaat Mengonsumsi Kentang

- Advertisement -

  1. Kaya akan nutrisi. Kalau mengonsumsi kentang maka kebutuhan akan vitamin A akan terpenuhi. Kentang berukuran 180 gram yang dipanggang dengan kulitnya mengandung 1,730 mikrogram vitamin A. Jadi salah satu nutrisi yang menunjang penurunan berat badan, kentang juga bisa dikonsumsi untuk kamu yang sedang diet.
  2. Bantu mengendalikan kadar gula. Baru-baru ini, ada sebuah penelitian yang menunjukkan kalau mengonsumsi kentang dapat menurunkan kadar gula dalam darah dan baik bagi penderita diabetes. Kentang dengan ukuran medium punya kandungan 6 gram fiber (termasuk kulit). Menurut Institute of Medicine, laki-laki harus mengonsumsi 25 gram fiber, sedangkan perempuan 38 gram setiap harinya.
  3. Memperlancar pencernaan. Berbicara tentang memperlancar pencernaan, kebanyakan orang akan langsung menyarankan mangga. Namun, kentang juga ternyata punya efek yang sama dalam sistem pencernaan. Kaya akan fiber dan magnesium membuat kentang jadi satu makanan wajib berkenaan dengan kesehatan pencernaan.
  4. Bantu sembuhkan radang sendi. Kandungan beta karotin, zinc, magnesium, dan vitamin B kompleks di kentang bisa membantu sembuhkan radang sendi. Kalau kamu memipihkan kentang, air yang keluar juga bisa membantu proses penyembuhan radang sendi dalam waktu yang lebih singkat.
  5. Meminimalisir risiko kanker. Penyakit berbahaya yang sudah jadi banyak momok di dunia ini bisa diminimalisir risikonya dengan mengonsumsi kentang. Salah satu penelitian di sekolah Harvard menunjukkan kalau konsumsi kentang yang dilakukanpara remaja bisa mengurangi risiko timulnya kanker. Kaya akan beta karotin jadi salah satu penyebabnya.

Jadi makanan yang tepat kalau kamu ingin bereksperimen dengan bahan lain ketika hari libur, kentang relatif mudah didapat. Mulai dari pasar tradisional hingga supermarket di seantero kota menyediakan kentang sebagai barang dagangannya. Kalau tahu manfaat lain dari konsumsi kentang, langsung tuliskan di kolom komentar saja.

Comments