Voip Server dengan Freepbx (Cara Instalasi & Konfigurasi)

Voip Server dengan Freepbx
Voip Server dengan Freepbx

Freepbx adalah berbasis web open source GUI (graphical user interface) yang mengontrol dan mengelola Asterisk (PBX), server komunikasi open source. FreePBX dilisensikan di bawah GNU General Public License (GPL), lisensi open source. FreePBX dapat diinstal secara manual atau sebagai bagian dari pra-konfigurasi FreePBX Distro yang mencakup sistem OS, Asterisk, FreePBX GUI dan berbagai macam dependensi. Dengan kata lain freepbx merupakan distro lengkap untuk kebutuhan membangun voip server baik untuk kebutuhan sekala kecil maupun besar.

Keuntungan Memiliki Voip Server

  1. Komunikasi antar kantor cabang gratis atau tanpa biaya, karena komunikasi melalui internet.
  2. Memiliki management extension yang lebih baik dibandingkan pabx konvensional.
  3. Bisa merekam semua pembicaraan telp.
  4. Memiliki report yang lengkap terhadap kegiatan komunikasi.
  5. etc

Voip Server dengan Freepbx (Cara Instalasi & Konfigurasi)

Step 1  – Download dan Install Freepbx

Download file ISO nya di link ini, saran opinikoe download versi stable. Setelah selesai didownload burning file ISO tersebut ke DVD. Masukan DVD Freepbx ke PC atau Server, setelah booting dan tampil atarmuka installer pilih full install.

Voip Server dengan Freepbx

Setelah pilih full install, akan terjadi proses seperti halaman dos dengan tulisan berjalan.

Voip Server dengan Freepbx

Proses ini biarkan setingan IP dalam DHCP, lansung tab ke OK.

Voip Server dengan Freepbx

Setelah itu kita akan dibawa ketampilan penyetingan timezone, setinglah sesuai timezone sobat.

Voip Server dengan Freepbx

Selanjutnya kita diminta mengisikan password server, masukan password yang sobat inginkan.

Voip Server dengan Freepbx

Setelah selesai mengiisi password, akan dilanjutkan proses instalasi. Proses ini memakan waktu 3 – 5 menit tergantung kecepatan PC sobat. Setelah proses selesai PC akan restart. Setelah restart PC akan booting kembali, dan sobat akan menemui tampilan bootloader, yang akan tampil selama 6 detik.

Setelah itu OS Freepebx akan loading up, untuk pertama proses akan berhenti sejenak untuk melakukan update paket ke server Freepbx, kecepatan update tergantung kepada akses internet sobat, hasil uji coba opinikoe memakan waktu lebih kurang 15 menit.

Voip Server dengan Freepbx
Voip Server dengan Freepbx

Setelah selesai update otomatis akan tampil terminal login sistem. Jika sudah sampai tahap ini sobat telah berhasil menginstall Freepbx, tinggal berikutnya untuk masuk ke proses penyetingan server voip.

Step 2  – Konfigurasi Freepbx

Untuk konfigurasi freepbx kita harus login ke panel penyetingannya melalui browser, alamat yg dimasukan dibrowser adalah IP PC Freepbx tersebut, untuk mendapakan informasi IP PC tersebut login melalui terminal PC tersebut, dan jika kita login akan tampil seperti gambar dibawah ini.

Voip Server dengan Freepbx

Masukan IP PC kebrowser kesayangan sobat.

Voip Server dengan Freepbx

Untuk tampilan setelah proses instalasi selesai, makan kita akan diminta memasukan username, password, dan email. Dimana data ini akan kita gunakan selanjutnya untuk kepentingan adminstrasi web panel Freepbx.

Setelah selesai langkah diatas barulah kita dibawa ketampilan awal panel Freepbx, karena kita ingin mengkonfigurasi extention voip, jadi kita lansung pilih Freepbx Administration, masukan username dan password yang telah set pada langkah sebelum ini.

Voip Server dengan Freepbx

Pada Freepbx Administration memiliki banyak fitur yang bisa digunakan, namun untuk perkenalan awal opinikoe akan menunjukan bagaimana membuat no extension voip di Freepbx. Sekarang kita masuk ke langkah membuat no extension voip sebagai berikut :

Voip Server dengan Freepbx
Halaman Utama Freepbx

Klik menu Aplications -> Extension.

Voip Server dengan Freepbx
Voip Server dengan Freepbx

Klik submit, dengan pilihan Generic CHAN SIP Device. Kita akan dibawa kemenu administrasi pengisian data, yg perlu diisi adalah User Extension, Display Name, dan Secret.

Voip Server dengan Freepbx

Setelah selesai diisi klik tombol submit dan apply config. Pada tahap ini kita sudah berhasil mengaktifkan 1 extension voip. Sobat tinggal membuat extention berikutnya sesuai kebutuhan.

Voip Server dengan Freepbx

Untuk menggunakan voip ada 2 cara :

  1. Beli perangkat telp voip.
  2. Install software client voip di PC atau Smartphone, salah satu softwate voip client yang sering opinkoe gunakan yaitu zoiper.

Demikian langkah-langkah cara install dan konfigurasi Distro Voip Server dengan Freepbx, jika ada pertanyaan lebih lanjut, silahkan tinggalkan pesan dikolom komentar.

21 thoughts on “Voip Server dengan Freepbx (Cara Instalasi & Konfigurasi)”

    • agan membuat servernya di server atau virtualbox? pastikan server voip bisa diakses secara remote melalui pc client, krn web guinya diakses lewat pc client.

      Reply
  1. Untuk menggunakan voip ada 2 cara :

    Beli perangkat telp voip.
    Install software client voip di PC atau Smartphone, salah satu softwate voip client yang sering opinkoe gunakan yaitu zoiper.

    kalau sudah membeli perangkat telp voip apa harus install software client lagi??

    Reply
    • klu sudah beli perangkat voip berarti tdk perlu lg software voip client. tinggal menyeting perangkat voip ke voip server / freepbx

      Reply
  2. gan, berarti gak perlu beli perangkat PABXnya (yg didalamnya ada card”) ya??
    trus nnti klo udah beli tlpn voip, apakah disambungkan langsung dengan server gan?

    Reply
    • ya gan….jika perlu cardnya tinggal beli dan dipasang dlm server pabxnya…klu sudah punya perangkat bisa disambungkan ke server pabx melalui jaringan lokal atau internet.

      Reply
    • penyebabnya bisa jadi download iso nya kurang sempurna…atau cek lg virtualboxnya apakah sudah berjalan dgn baik klu diinstal os yg lain..

      Reply
    • servernya cukup 1 PC, tp bisa dipakai ramai2 untuk conference, makin ramai pemakai maka spek server jg meningkat yg dibutuhkan

      Reply

Leave a Comment