Take a fresh look at your lifestyle.

10 Tempat Wisata di Surabaya yang Seru & Asik

Tempat Wisata di Surabaya

Masih bingung mencari lokasi wisata akhir pekan bersama keluarga? Setelah membaca artikel ini, dijamin Sobat tidak akan bingung lagi menentukan pilihan, mau berlibur ke mana akhir pekan ini. Kali ini opinikoe telah merangkum 10 Tempat Wisata di Surabaya yang Seru & Asik yang harus dikunjungi saat berada di Surabaya khusus.

10 Tempat Wisata di Surabaya

1. Surabaya Carnival Park

Tempat Wisata di Surabaya

Berdiri pertama kali dengan nama Suroboyo Carnival Night Market, wisata yang satu ini masih tergolong baru. Berlokasi di daerah Ahmad Yani, wisata yang beralih nama menjadi Surabaya Carnival Park ini merupakan oase bagi warga Surabaya lantaran mereka tak perlu lagi “kabur” untuk mencari tempat wisata di kota lain.

Mungkin tak jauh berbeda dengan Jawa Timur Park, yang terletak di Batu, Malang. Akan tetapi, selain menyajikan pelbagai wahana seru dan asyik, Surabaya Carnival Park memiliki kesan kental akan Surabayanya loh. Dapat Anda temukan lagu-lagu jawa yang dimainkan terus menerus, serta terdapat Galeri Suroboyo yang akan membahas tuntas seputar Surabaya

2. Ciputra Waterpark

Tempat Wisata di Surabaya

Sudah tau belum, bahwa Ciputra Waterpark Surabaya merupakan wahana wisata air terbesar di Indonesia, bahkan se-Asia Tenggara. Konsep pembuatan wisata air ini sendiri ternyata terinspirasi dari salah satu dongeng terkenal yakni Sinbad. Dibangun di lahan seluas 5 hektar, Ciputra Waterpark dapat Anda temui di wilayah yang juga cukup terkenal yakni area Citraland.

Ciputra Waterpark buka hanya di hari Selasa hingga Minggu dengan jam operasional antara pukul 10.00-19.00. Terdapat beberapa paket yang bisa dipilih oleh pengunjung, di mana setiap wahana akan memberikan keseruan dengan teknologi yang sangat canggih

3. Wisata Mangrove

Tempat Wisata di Surabaya

Ditengah hiruk pikuk dan kepadatan kota akibat banyaknya bangunan tingkat tinggi, wisata Mangrove hadir sebagai wujud dari ajakan pemerintah kepada warga untuk tetap melestarikan alam. Tak hanya berjalan melihat ratusan pepohonan hijau nan segar, namun Anda juga bisa merasakan asyiknya sensasi menyusuri laut menggunakan perahu kayu. Untuk menjajal pengalaman seru tersebut, Anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 30.000 saja.

4. Pantai Kenjeran

Tempat Wisata di Surabaya

Pantai Kenjeran merupakan objek wisata yang terletak di kecamatan Kenjeran, kota Surabaya, dan hanya berjarak sekitar 9 km dari pusat kota. Pantai Kenjeran sendiri dibagi menjadi 2 wilayah dengan fungsi yang berbeda-beda, yakni Kenjeran Lama dan Kenjeran Baru. Di Kenjeran Lama Anda dapat menikmati keindahan pantai, berlayar, serta berenang.

Sementara itu, di Kenjeran Baru, Anda dapat melakukan kegiatan olahraga seperti Tenis, Balap Motor, Gokart serta Pacuan Kuda. Tak lupa juga pantai ini juga menyediakan fasilitas pusat makanan yang menyajikan berbagai kuliner khas Surabaya.

5. Jembatan Suramadu

Tempat Wisata di Surabaya

Mungkin akan terdengar sedikit aneh saat menjadikan sebuah jembatan sebagai salah satu objek wisata. Namun hal ini nyata terjadi pada Suramadu yang merupakan jembatan terpanjang di Indonesia ini.

- Advertisement -

Fungsi utama dari pembangunan jembatan ini sendiri ialah menggabungkan wilayah Surabaya dengan pulau Madura. Namun jutaan orang tak mau menyia-nyiakan keindahan Suramadu begitu saja, dan memutuskan untuk mengabadikan foto mereka di sepanjang jalan jembatan.

6. Patung Budha 4 Wajah

Tempat Wisata di Surabaya

Tak perlu jauh-jauh ke Bangkok untuk dapat menikmati wisata yang memiliki Patung Budha sebagai daya tariknya. Karena kini, Anda dapat mengunjungi salah satu objek wisata berupa patung Budha yang berada di sudut pantai RIa Kenjeran.

Yang lebih menarik lagi ialah, patung tersebut memiliki 4 wajah dengan ketinggian patung sebesar 39 meter. 4 wajah yang dimiliki patung itu merupakan empat simbol dari sifat Sang Budha yakni murah hati, pengasih, adil dan meditasi. Selain itu, patung dengan luas 1,5 hektar ini dilapisi oleh lapisan emas.

7. House of Sampoerna

Tempat Wisata di Surabaya

House of Sampoerna merupakan sebuah museum yang menjadi saksi bisu kisah sejarah panjang Surabaya di jaman penjajahan Belanda. Tidak seperti namanya sekarang, bangunan yang didirikan sekitar tahun 1862 itu dulunya merupakan sebuah panti asuhan laki-laki. Di tahun 1932 bangunan ini pun lantas berpindah tangan menjadi milik Liem Seeng Tee pendiri Sampoerna.

Sejak saat itulah, bangunan yang memiliki 4 pilar tinggi berbentuk rokok ini beralih menjadi rumah produksi rokok Sampoerna untuk pertama kali. Seiring bergantinya waktupun, kini bangunan yang kental akan nuansa Belanda itupun menjadi museum sejarah rokok Sampoerna. Di sini Anda dapat melihat segala sesuatu yang memiliki hubungan erat dengan Sampoerna, mulai dari seluk beluk keluarga Sampoerna, hingga segala aspek mengenai rokok yang kerap kita temui sehari-hari.

8. Monumen Jalesveva Jayamahe

Tempat Wisata di Surabaya

Jika sekilas melihat foto monumen yang satu ini, pasti banyak dari kita yang berfikir bahwa foto tersebut merupakan monumen yang berada di luar negri. Padahal, Monumen yang memiliki nama Jalesveva Jayamahe ini merupakan patung kebanggan Indonesia yang dapat ditemui di Surabaya.

Jalesveva Jayamahe sendiri memiliki arti ” di lautan kita jaya”. Hal ini merujuk pada sejarah Indonesia yang merupakan negara yang terkenal akan ketangguhannya di lautan serta merupakan negara yang kuat secara maritim. Oleh karena itulah patung yang menggambarkan sosok Perwira TNI Angkatan Laut yang berbusana Pakaian Dinas Upacara lengkap ini dijadikan monumen bersejarah di Surabaya.

9. Kebun Bibit Wonorejo

Tempat Wisata di Surabaya

Ingin memancing sembari menikmati indahnya panorama alam? Ya di Kebun Bibit Wonorejolah tempatnya! Selain wisata Mangrove, kebun bibit Wonorejo juga merupakan destinasi yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

Di sore hari, Anda akan banyak menemui para pemancing yang duduk santai di sebelah dermaga rindang nan tenang. Tak hanya itu, bahkan tak jarang kebun yang berada di Jl. Kendalsari ini juga dijadikan tempat bagi pasangan yang sedang melakukan foto prewedding. Nah, bagi sobat Boombastis yang doyan jogging, tempat ini pun sangat cocok untuk digunakan berolahraga di saat pagi maupun sore.

10. Jembatan Merah, Tempat Kaya Akan Sejarah

Tempat Wisata di Surabaya

Sebagai bangsa Indonesia, kita perlu mengetahui sejarah yang terjadi di negri ini. Tak hanya itu, bahkan beberapa tempat peninggalan sejarah seharusnya mampu membuat kita bangga atas kegigihan para pahlawan dalam memperjuangkan negri tercinta. Hal inilah yang menjadi landasan dijadikannya Jembatan Merah sebagai monumen bersejarah yang ada di Surabaya.

Jembatan merah merupakan salah satu monumen yang tak dibiarkan apa adanya dan tak pernah direnovasi sama sekali. Semasa jaman VOC, jembatan ini menjadi sarana perhubungan paling vital antara Kalimas menuju Gedung Karesidenan Surabaya, yang sudah tidak berbekas lagi. Dari banyak kejadian penting yang terjadi disinilah, Jembatan Surabaya lantas dilindungi sebagai monumen yang membanggakan kota Surabaya.

Jadi sobat opinikoe, sudah tau belum kira-kira tempat wisata di Surabaya mana yang paling cocok dikunjungi diliburan akhir pekan ini?

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.