Take a fresh look at your lifestyle.

5 Manfaat Air Rendaman Kurma Untuk Kesehatan

Manfaat Air Rendaman Kurma

Kurma merupakan salah satu buah yang mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Konon, buah yang berasal dari Teluk Persia ini sudah menjadi makanan pokok masyarakat Timur Tengah, karena banyaknya khasiat di dalamnya. Buah berukuran kecil dengan rasa manis ini diketahui memiliki kandungan vitamin hingga mineral yang sangat baik untuk tubuh.

Bahkan dikatakan, kurma mengandung beberapa kandungan yang sangat berguna untuk proses pembuangan racun dalam tubuh atau detoksifikasi hingga kandungan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Manfaat ini tentu saja bisa didapatkan dengan mengonsumsi buahnya secara langsung. Di samping itu, kurma juga dapat dikonsumsi melalui air rendamannya.

Dalam agama Islam, konsumsi air rendaman kurma ini sudah ada sejak zaman nabi. Pada dasarnya air rendaman kurma mempunyai prinsip yang sama seperti infused water yang sedang populer saat ini. Bedanya, jika infused water yang umumnya menggunakan buah-buahan segar dengan rasa asam, air rendaman kurma hanya mencampurkan air ke dalam beberapa buah kurma yang sudah diambil bijinya.

5 Manfaat Air Rendaman Kurma

Air rendaman kurma ini cocok diminum saat sahur atau malam hari saat berbuka puasa. Minuman ini pada dasarnya memiliki prinsip yang sama dengan infused water kekinian, hanya saja bukan pakai buah-buahan tapi pakai kurma yang berkualitas baik. Meminumnya secara rutin, kita akan mendapat banyak manfaat istimewanya.

1. Bisa Membantu Proses Detoksifikasi Tubuh

Dilansir dari deerham.com, air nabeez ini merupakan minuman beralkali. Artinya, minuman ini bisa bantu menyeimbangkan kandungan asam dalam tubuh. Sangat baik untuk membantu proses detoksifikasi tubuh dengan membuat racun-racun dari dalam tubuh dan menjaga sistem pencernaan tubuh.

2. Bisa Menstabilkan Tekanan Darah

Air nabeez ini juga kaya kandungan kalium. Sehingga bisa bantu menstabilkan tekanan darah dan menjaga kinerja jantung. Kalium ini sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kalau tubuh kekurangan kalium, maka tubuh bisa gampang capek. Jadi air nabeez ini memang baik dikonsumsi saat sahur atau berbuka puasa.

3. Bisa Menghilangkan Kolesterol Jahat dalam Tubuh

Kandungan seratnya yang tinggi membuat air nabeez sangat ampuh untuk mengatasi persoalan sembelit. Air nabeez juga diyakini bisa bantu menghilangkan kolesterol jahat dalam tubuh serta meningkatkan ketajaman pikiran.

4. Baik Dikonsumsi oleh Ibu Hamil

Dikutip dari direktoriherbal.com, air nabeez juga baik diminum oleh para ibu hamil. Kurma memiliki kandungan yang dipercaya bisa bantu memperkuat otot-otot rahim. Nutrisi dalam kurma pun baik untuk memperkaya kualitas ASI. Para ibu menyusui juga dianjurkan untuk minum air nabeez selama bulan puasa.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Air nabeez juga mengandung zat besi. Tahu kan apa manfaat zat besi dalam tubuh? Yaps, zat besi punya fungsi untuk membantu kestabilan metabolisme protein, menjaga produksi hemoglobin dan sel darah merah, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga meminumnya secara rutin akan membuat kita terhindar dari berbagai serangan penyakit berbahaya.

Cara Membuat Air Rendaman Kurma

Manfaat Air Rendaman Kurma

Setelah mengetahui beberapa manfaat air rendaman kurma untuk kesehatan, tentu Anda penasaran dengan cara membuat air rendaman kurma yang baik. Untuk membuat minuman air kurma, Anda cukup menyiapkan beberapa buah kurma dan air matang.

Disarankan untuk menggunakan buah kurma dalam jumlah yang ganjil. Masukkan beberapa buah kurma ke dalam gelas kaca atau wadah yang mempunyai tutup. Tuangkan air matang secukupnya, kemudian tutup gelas dengan rapat.

Sebelum mengonsumsinya, Anda harus merendamnya selama sekitar 8-12 jam. Ketika sudah direndam selama waktu tersebut, Anda bisa segera mengonsumsinya. Air rendaman kurma ini bisa bertahan 1-2 hari di lemari es.

Sobat tidak disarankan untuk mengonsumsinya setelah lebih dari 3 hari. Sebab, air rendaman kurma yang berusia lebih dari tiga hari telah mengalami proses fermentasi yang menjadikan rendaman kurma berubah menjadi arak, sehingga haram untuk dikonsumsi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.