Cara Install Python 2.7 di Linux CentOS

270

Cara Install Python 2.7 di Linux CentOSApa itu python?

Python adalah salah satu bahasa pemrogramman tingkat tinggi yang bersifat intrepreter, interaktif, object oriented dan dapat beroprasi di hampir semua platfrom, seperti keluarga UNIX, Mac, Windows, OS/2, ataupun yang lain. Sebagai bahasa tinggat tinggi python termasuk salah satu bahasa pemrogramman yang mudah di pelajari karena syntaks yang jelas dan elegan, di kombinasikan dengan penggunaan module-module siap pakai dan struktur data tingkat tinggi yang efisien.

Python mendukung multi paradigma pemrograman, utamanya; namun tidak dibatasi; pada pemrograman berorientasi objek, pemrograman imperatif, dan pemrograman fungsional.  Seperti halnya pada bahasa pemrograman dinamis lainnya, python umumnya digunakan sebagai bahasa skrip meski pada praktiknya penggunaan bahasa ini lebih luas mencakup konteks pemanfaatan yang umumnya tidak dilakukan dengan menggunakan bahasa skrip. Python dapat digunakan untuk berbagai keperluan pengembangan perangkat lunak dan dapat berjalan di berbagai platform sistem operasi.

- Advertisement -

Beberapa fitur yang dimiliki Python adalah:

  • Memiliki kepustakaan yang luas, dalam distribusi Python telah disediakan modul-modul ‘siap pakai’ untuk berbagai keperluan.
  • Memiliki tata bahasa yang jernih dan mudah dipelajari.
  • Memiliki aturan layout kode sumber yang memudahkan pengecekan, pembacaan kembali dan penulisan ulang kode sumber.
  • Berorientasi objek.
  • Memiliki sistem pengelolaan memori otomatis (garbage collection, seperti java)
  • Modular, mudah dikembangkan dengan menciptakan modul-modul baru; modul-modul tersebut dapat dibangun dengan bahasa Python maupun C/C++.
  • Memiliki fasilitas pengumpulan sampah otomatis, seperti halnya pada bahasa pemrograman Java, python memiliki fasilitas pengaturan penggunaan ingatan komputer sehingga para pemrogram tidak perlu melakukan pengaturan ingatan komputer secara langsung.
  • Memiliki banyak faslitas pendukung sehingga mudah dalam pengoprasiannya.

Cara Install Python 2.7 di Linux CentOS

Saat tutorial ini dibuat, versi phiton yang opinikoe gunakan yaitu Python 2.7.15, jadi pada Sobat semua harap menyesuaikan versinya saat didownload, agar tidak pesan eror saat melakukan beberapa bari perintah, berikut langkah-langkahnya :

Step 1  –  Install GCC

yum install gcc openssl-devel bzip2-devel

Step 2 –  Download Phthon

cd /usr/src
wget https://www.python.org/ftp/python/2.7.15/Python-2.7.15.tgz
tar xzf Python-2.7.15.tgz

Step 3 – Install Python 2.7

cd Python-2.7.15
./configure --enable-optimizations
make altinstall

Step 4 –  Check Python Version

/usr/local/bin/python2.7 -V

Python 2.7.15

Step 5 – Install PIP

PIP adalah utilitas yang berguna untuk menginstal dan mengelola modul Python. Mari instal PIP untuk versi Python yang dipasang.

curl "https://bootstrap.pypa.io/get-pip.py" -o "get-pip.py"
python2.7 get-pip.py

Sampai disini Sobat sudah berhasil menginstall python 2.7, demikian tutorial Cara Install Python 2.7 di Linux CentOS. Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan pesan dikolom komentar.

Comments