Take a fresh look at your lifestyle.

Sejarah Singkat Gunung Penanggungan

Sejarah Singkat Gunung Penanggungan

Gunung Penanggungan adalah gunung berjenis stratovolcano kecil yang tidak aktif yang mendominasi pemandangan dari pantai Utara di daerah Surabaya. Pemandangan di sebelah utaranya adalah gunung berapi Arjuno-Welirang yang lebih tinggi dan lebih aktif.

Penanggungan adalah salah satu gunung yang paling dihormati di Jawa: Jawa Kuno melihat gunung Penanggungan merupakan cerminan dari Mahameru suci dari mitologi Hindu. Ada lebih dari 81 situs arkeologi di gunung ini, sebagian besar di sisi utara dan barat. Reruntuhan cagar alam, monumen, dan tempat pemandian suci periode Hindu ditemukan, membentang lebih dari 5 abad dari 977 Masehi hingga 1511.

- Advertisement -

Gunung penanggungan terbentuk karena aliran lava dari flank vents menuruni semua sisi gunung berapi setinggi 1653 m dan endapan aliran piroklastik membentuk apron di sekitarnya. Gunung api Penanggungan telah dipetakan sebagai usia yang sama dengan gunung berapi Arjuno-Welirang dan Semeru. Setidaknya selama 1.000 tahun, tidak ada letusan dari gunung Penanggungan. Letusan terakhirnya mungkin sekitar 200 Masehi, meskipun letusan terdaftar sebagai tidak pasti oleh Global Volcanism Program (GVP).

Secara historis gunung ini adalah situs ziarah yang sangat penting bagi umat Hindu, dan beberapa mistik Jawa, para meditator dan umat Hindu masih mengunjungi gunung ini hingga sekarang. Peziarah melakukan perjalanan ke puncak gunung dan berhenti untuk mandi di mata air suci yang dihiasi patung-patung Hindu. Dua tempat pemandian utama adalah Candi Jolotundo dan Candi Belahan, contoh terbaik seni Hindu yang tersisa. Keduanya sulit dijangkau.

Dalam lingkungan yang menakjubkan di lereng barat Penanggungan, Pusat Pendidikan Lingkungan PPLH adalah tempat yang sangat santai dan menarik. Ini terutama dibentuk untuk mengajarkan kelompok tentang manfaat pertanian organik, pengomposan dan pengelolaan sampah. Pemandu gunung yang ahli dapat disewa untuk pendakian (sekitar 200.000Rp per hari) dan mereka akan dengan senang hati menjelaskan tentang tanaman yang digunakan untuk obat-obatan herbal. Ada restoran organik dan akomodasi pedesaan yang bagus tersedia di bungalow cantik dengan kamar mandi luar ruangan, atau di asrama yang lebih sederhana. Kelompok-kelompok sekolah sering menyewa bungalow ini, kadang memang rombongan anak sekolah ini sedikit berisik, tetapi sebagian besar waktu itu sangat damai. Untuk sampai ke sana, naiklah minibus dari Trawas sekitar 8000 rupiah atau dari Pandaan naik Ojek 20.000 rupiah.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.