Pesona Keindahan Pulau Mandeh

Ranah Minang adalah salah satu kota di Indonesia yang terkenal karena keajaiban alamnya, mulai dari pegunungan, sawah hijau, ngarai dalam, serta rumah-rumah besar dengan atap seperti tanduk kerbau. Dari banyaknya tempat wisata yang ada di Ranah Minang (Sumatra Barat), ada satu surga tersembunyi yang tersimpan cantik dengan sajian pesona dan keindahan alam yang mengagumkan. Jika di Papua terdapat Raja Ampat, kamu bisa menemukan Pulau Mandeh yang disebut-sebut sebagai Raja Ampat-nya Ranah Minang.

Pesona Keindahan Pulau Mandeh

Kawasan wisata Mandeh mempunyai area seluas 18.000 Ha. Wilayah ini meliputi 7 desa dari 3 nagari. Kawasan ini merupakan perpaduan perbukitan yang alami dengan keindahan teluk yang dihiasi dengan gugusan pulau – pulau kecil yang berada di bagian tengah Teluk Carocok Tarusan

Setiap pulau memiliki masing-masing keunikan yang berbeda. Pulau yang bisa dikunjungi di kawasan wisata mandeh yakni pulau Taraju, pulau Setan atau sutan, pulau Sironjong besar, pulau sironjong ketek, Pulau Marak, Pulau Kapo–kapo. Yang paling terkenal hingga manca negara adalah pulau Cubadak.

kawasan wisata Mandeh memiliki keindahan bawah laut, terumbu karang dan biota laut yang menakjubkan. Terdapat sekitar 70 Hectare terumbu karang yang masih alami. Tidak hanya itu, ada juga bangkai kapal MV Boelongan. Keberadaan bangkai kapal Belanda yg tenggelam di kawasan ini menambah nilai tersendiri bagi wisata bawah laut wilayah ini.

Di kawasan wisata Mandeh juga terdapat hutan mangrove seluas 389 hektare, serta berbagai biota laut yang beraneka ragam. Dengan Keindahan Taman Nasional Laut Mandeh baik dari daratan maupun bawah laut (bahari), kawasan wisata mandeh pantas disebut Surga dari Sumatra, Paradise from West Sumatera.

Lokasi Wisata Mandeh

Kawasan Mandeh berlokasi di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kecamatan Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Kawasan ini hanya berjarak 56 km dari pusat Padang, dengan waktu tempuh sekitar 2 Jam perjalanan darat.

Rute Menuju Wisata Mandeh

Menuju kawasan wisata mandeh bisa melalui jalur laut dan darat. Bila memilih jalur laut, naik kapal / boat bisa dari Pelabuhan Bungus, Gaung, Teluk Bayur atau dari Pelabuhan Muara Padang serta Teluk Tarusan.

Sedangkan bila melalui jalan darat, terdapat tiga alternative dari tiga ruas jalan yang berbeda. Alternative pertama dari Pasar Tarusan melalui simpang cerocok. Alternatif kedua dari Bungus terus ke Sungai Pinang dan Sungai Nyalo. Alternatif ketiga, melalui ruas jalan terbaru ialah melewati Carocok lalu menyusuri bibir pantai dan perbukitan yang landai sepanjang 12,5 km.

7 Spot Wisata Mandeh

Setibanya di kawasan wisata Mandeh, wisatawan masih harus menyeberangi teluk menuju ke pulau-pulau yang menyajikan atraksi wisata yang menyenangkan. Pertama, wisatawan bisa menyewa kapal motor dan membayar tarif yang telah ditentukan. Namun, harga sewa kapal motor ini tergolong mahal sehingga kamu bisa mengajak rombongan lain untuk naik bersama. Kedua, wisatawan bisa membeli paket wisata Mandeh yang biasanya tersedia. Umumnya, harga paket wisata ini cenderung lebih murah dan hemat. Ketiga, wisatawan bisa memanfaatkan kapal antar pulau yang kerap digunakan masyarakat dengan harga yang relatif murah.

1. Puncak Mandeh

Puncak Mandeh dapat dicapai dari Dermaga Tarusan dengan naik mobil selama 10 menit untuk bisa sampai puncaknya. Dari puncak mandeh, pengunjung dapat mengamati keseluruhan teluk Carocok Tarusan. Keindahan teluk yang berhiaskan pulau-pulau kecil di dalamnya terekam sempurna dari ketinggian ini.

Puncak Mandeh juga dikenal memiliki pesona sunset-nya yang tak kalah indah dari lokasi wisata lainnya di Indonesia. Kawasan yang berada pada ketinggian membuat mata pengujung lebih luas memandang keindahan di langit. Plus menikmati sunset di Puncak Mandeh akan menjadi hidangan penutup yang sempurna.

2. Pulau Sutan atau Pulau setan

Di Pulau ini, pengunjung dapat melakukan hiking singat untuk sampai ke puncaknya yang disebut Puncak Puvy. Puncak dengan papan nama dan bendera merah putih ini sering dijadikan lokasi selfie. Terlebih lagi, puncak ini sering dicari karena pemandangan laut dan pulau-pulau lainnya dapat terlihat lebih luas lagi.

Pulau Setan dapat didatangi dengan menempuh 30 menit perjalanan laut dari Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Carocok Tarusan. Tarif untuk pulang pergi dengan perahu pun cukup terjangkau, yaitu sekira Rp20.000 per orang..

Di pulau Setan sudah ada sejumlah warung sederhana hingga kursi kayu untuk duduk-duduk santai. Pulau Setan juga memiliki fasilitas permainan air. Di sini pengunjung bisa main speedboat, memancing, atau naik banana boat.

3. Pulau Sironjong Gadang

Pulau Sironjong Gadang adalah lokasi terbaik untuk snorkeling karena menawarkan karang yang bagus dan biota laut berwarna-warni. Spot ini berjarak 15 menit perjalanan perahu dari Pulau Setan.

Pengunjung bisa melayang-layang di dalam air sambil menikmati pemandangan bawah laut yang indah. Di Spot ini Terdapat banyak Koral-koral berwarna warni bertebaran dengan kedalaman sedang. Karena itu hendaknya berhati-hati supaya tidak menginjak atau mematahkan trumbu.

Ikan-ikan yang terdapat di spot ini juga tidak kalah cantik. Ada berbagai jenis ikan eksotik. Beberapa yang sering terlihat adalah Snapper, Butterfly fish, Anemone fish, Damselfish, File Fish, Big eye fish, Surgeon fish, Wrasse, Parrot Fish, dan lain-lain.

4. Pulau Sironjong Ketek

Pulau Sironjong memang sangat menawan. Di pulau ini pengunjung dapat melihat rimbun pepohonan hijau berjejer sepanjang pantai bahkan sampai ke bukit. Selain itu Pulau ini juga sangat bersih dengan beragam biota laut yang masih terjaga.

Dan yang menjadi daya tarik Pulau ini, adanya spot jumping dari ketinggian. Pengunjung dapat merasakan sensasi terjun bebas dari atas tebing. Jika ingin mencoba spot jumping, sahabat dapat menaiki tangga yang telah disediakan.

Tidak hanya melakukan cliff jumping. Di sini, pengunjung juga bisa memancing, snorkeling melihat keindahan bawah laut yang mirip Raja Ampat, camping, hingga olahraga air.

5. Pulau Cubudak

Pulau Cubadak Padang adalah surga bagi para pencinta diving dan snorkeling. Kondisi perairan yang tenang, bersih, dan jernih membuat panorama bawah laut di pulau ini menarik untuk dieksplorasi. Bahkan, salah satu media cetak Jerman, ‘Bild de Rau’ pernah memuat tulisan yang berjudul “surga tersenyap di dunia ada di Pulau Cubadak”.

Pulau Cubadak sebagian besar dipenuhi hutan lebat. Ini membuat udara di Pulau Cubadak padang masih segar dan jauh dari kata polusi. Di area hutan lebat ini banyak spesies hewan yang hidup di dalamnya. Mulai dari babi, monyet, ular, rusa, dan beberapa hewan liar hutan lain serta berbagai jenis satwa burung.

Pulau Cubadak memiliki beragam aktivitas yang menyenangkan. Aktivitas ini tentu tak jauh-jauh dari air. Mulai dari diving, snorkeling, berlayar, ski air, banana boat, hingga canoeing bisa dilakukan di pulau ini.

Yang membedakan Pulau Cubadak dengan pulau lain diteluk Mandeh adalah keberadaan penginapan ramah lingkungan. Dengan mengusung tema tradisional, semua bangunan penginapan di pulau ini dibangun dengan bambu dan kayu serta atap yang terbuat dari daun palem.

6. Pulau Kapo Kapo

Pulau Kapo-kapo menawarkan pesona pantai berbeda. Jika pada umumnya kawasan pantai berhawa panas, maka di sini suasana terasa lebih sejuk karena masih banyak pepohonan asri di sekitarnya.

Para turis yang ingin menikmati atmosfer Pulau Kapo-kapo secara lengkap, bisa menginap di sejumlah cottage gaya tradisional di sini. Akomodasi ini selalu ramai pengunjung karena menawarkan nuansa kekeluargaan tinggi. Pengunjung dimanjakan dengan sajian kuliner tradisional, mulai dari ikan bakar hingga sambal lado.

Tamu yang menginap di homestay bakal merasa seperti sedang berada di surga tersembunyi. Apalagi jika mereka sudah duduk santai di cottage dan menikmati indahnya pemandangan matahari terbenam tersaji di depan mata.

7. Air sungai Gemuruh

Air Sungai Gemuruh

Air Sungai Gemuruh biasanya ia dikunjungi paling akhir setelah asyik bermain air di Pulau Setan dan snorkeling ria di sekitar pulau cubadak. Sebelum kembali ke dermaga Carocok Tarusan, kapal bisa singgah ke air terjun di Sungai Gemuruh. Lokasi air terjun menyusuri hutan mangrove sekitar 15 menit. Airnya jernih.

Tiba di ujung hutan mangrove, petugas parkir kapal akan menyambut. Biasanya mereka terdiri dari 2-3 orang yang akan mengatur keluar masuknya kapal yang singgah ke Air Terjun Gemuruh.

Bagaimana? Pilihan spot seru di Kawasan Wisata Mandeh bikin nggak sabar untuk liburan, kan? Sobat opinikoe bisa mencobanya saat berlibur ke Sumatra Barat nanti. Yuk agendakan!