Take a fresh look at your lifestyle.

Pesona Keindahan Pulau Dewata atau Bali

Pesona Keindahan Pulau Dewata

Bali yang bernama lain Pulau Dewata menyimpan berbagai pesona keindahan, termasuk karya seni seperti ukiran, lukisan, maupun patung. Budaya yang sangat khas disempurnakan dengan panorama alam, termasuk pesona bahari yang sangat terkenal, sebut saja Pantai Kuta, Sanur, dan panorama Tanah Lot.

Pulau Bali, merupakan pulau yang berada di kawasan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan paling terkenal di hampir penjuru Dunia. Pulau ini menyimpan keindahan alam dan keunikan budaya yang masih melekat hingga saat ini. Selain itu keramah tamahan dari penduduknya juga menjadi ciri khas dari Pulau Bali, dan bisa membuat kita betah berlama – lama berwisata ke destinasi yang berjuluk Pulau Dewata ini. Budaya di Bali memang bisa dikatakan terlestarikan dari generasi ke generasi, bukan karena banyaknya wisatawan yang mengunjunginya, melainkan memang komitmen dari warga Bali yang akan terus mempertahankan kebudayaanya sehingga menjadi ciri khas dari Bali sendiri.

Pesona Keindahan Pulau Dewata

Pulau Bali juga merupakan tempat berkumpulnya wisatawan yang berasal dari penjuru dunia, mulai dari mereka yang berniat datang untuk menikmati keindahan pegunungan, danau, sampai mereka yang datang dan berniat untuk menikmati keindahan pantai serta berselancar di ombak yang ada di Bali. Tidak hanya itu, banyak juga wisatawan yang datang ke Bali hanya untuk berbelanja dan menghabisakan waktu mereka disini.

Pesona Keindahan Pulau Dewata

Jika kita berbicara tentang Pesona Keindahan Pulau Dewata atau Bali, tidak akan cukup menggambarkan dalam satu halaman blog ini. Namun opinikoe sudah mempertajam dibeberapa destinasi wisata untuk mewaliki cerita Pesona Keindahan Pulau Dewata sebagai berikut:

1. Tanah Lot

Pesona Keindahan Pulau Dewata

Inilah salah satu tempat wisata di Bali yang memiliki panorama sunset terbaik. Di sebuah spot bernama Sunset Terrace, sobat akan menyaksikan pemandangan matahari terbenam yang memukau. Saat senja mulai menyapa, di antara gelayut awan yang tak begitu tebal, matahari di atas langit Pura Luhur Tanah Lot mulai berubah kemerahan. Ketika cahaya meredup, bulatannya tampak makin utuh. Terlihat cantik di balik indahnya siluet pura. Inilah salah satu pesona unik di Pulau Dewata.

Tanah Lot terletak di tengah laut, berjarak sekitar 300 meter dari bibir pantai dan terdapat batu karang dengan gua besar di tengahnya. Nama Tanah Lot terdiri dari kata “Tanah” yang berarti batu karang dan kata “Lot” atau “Lod” yang berarti laut. Secara keseluruhan, artinya tanah yang ada di tengah laut.

Objek wisata Tanah Lot ini berjarak 20 km dari Denpasar Bali, dapat ditempuh dengan perjalanan sekitara 45 menit. Jika sobat mengunjungi Tanah Lot di Bali, berpakaianlah yang sopan dan menjaga perilaku. Patut diketahui pula, sobat tidak akan diperkenankan memasuki pura yang ada di sana sebab kawasan tersebut adalah suci.

2. Pantai Dreamland

Pesona Keindahan Pulau Dewata

Pantai Dreamland adalah sebuah pantai yang masih alami di Bali. Popularitasnya memang kalah terkenal dengan Pantai Kuta, namun sejauh mata memandang horizon, sobat akan terpesona tatkala datang ke Pantai Dreamland karena keindahan yang dimilikinya.

Pantai Dreamland di Bali adalah pantai yang dikelilingi tebing-tebing yang menjulang tinggi serta batu karang yang berukuran besar. Jika Anda berjalan-jalan menyusurinya, sobat akan menyaksikan seolah-olah daerah pantai lebih rendah pada laut.

Bebukitan dan tebing ini dipenuhi dengan rerumputan hijau, sehingga terlihat laksana padang rumput nan hijau. Banyak orang bersantai di areal ini sembari menikmati panorama pantai yang memikat, menyaksikan terbenamnya matahari.

Di antara banyak tempat menarik di Bali, pantai ini dapat menjadi pilihan alternatif yang menawan hati. Pantai Dreamland terletak di Desa Pecatu, Kabupaten Badung, bagian selatan Pulau Bali. Jika Anda dalam perjalanan menuju Pura Uluwatu, sebuah pura paling terkenal di Bali, maka sobat akan menjumpai Pantai Dreamland ini terlebih dahulu.

Pantai Dreamland memiliki ombak yang tinggi dan besar, itulah sebabnya tempat wisata Bali yang satu ini juga merupakan destinasi kegiatan surfing bagi banyak wisatawan.

3. Pantai Sanur

Pesona Keindahan Pulau Dewata

Pantai Sanur adalah sebuah tempat wisata di Bali yang terkenal dengan keindahan panorama matahari terbit (sunrise). Inilah tempat menikmati sunrise di Bali dengan suguhan yang memikat hati. Datanglah pada pukul 05:30 pagi, sobat akan mendapatkannya. Itulah sebab, banyak fotografer mengambil foto pre-wedding dengan latar belakang sunrise di pantai ini.

Pantai Sanur memiliki ombak yang tenang dan cenderung dangkal. Oleh sebab itu, melakukan snorkel di Pantai Sanur adalah pilihan kegiatan yang menarik. Selain snorkel, ada juga seawalker, yakni berjalan-jalan di dalam air, tarifnya sekitar Rp 625 ribu per orang. Untuk dapat sampai di pantai Sanur, Anda akan menempuh perjalanan sejauh 10 km dari Bandara Internasional Ngurah Rai di Denpasar.

4. Tanjung Benoa

Pesona Keindahan Pulau Dewata

Tanjung Benoa adalah tempat wisata di Bali yang menawarkan sobat banyak pilihan kegiatan wisata air yang memikat, seperti snorkel, parasailing, diving, naik boat, berlayar, berselancar, melihat pemandangan bawah laut dengan glass buttom boat, serta berbagai kegiatan olah raga air lainnya.

Inilah surga wisata air di Bali. Ini pula salah satu destinasi wisata keluarga yang patut sobat perhitungkan. Pantai Tanjung Benoa memiliki pasir yang putih dan ombak tenang.

Terletak di Kecamatan Tanjung Benoa, Kabupaten Badung, sobat membutuhkan perjalanan selama 45 menit dari Denpasar untuk dapat sampai di Pantai Tanjung Benoa ini. Selain olahraga air, pesona lain di pantai ini adalah Pulau Penyu, sebuah tempat penangkaran berbagai spesies penyu yang sudah mulai langka.

5. Ubud

Pesona Keindahan Pulau Dewata

Wisata Ubud telah terkenal sejak lama atas seni lukisan, seni patung, seni tabuh, serta seni tari. Di sinilah tempat pelestarian kesenian dan sarana kegiatan ritual adat di Bali.

- Advertisement -

Terletak di Kabupaten Gianyar, sobat akan menempuh perjalanan sejauh 40 km dari Denpasar untuk dapat sampai di Ubud. Meski secara administratif Ubud adalah sebuah desa, namun sobat akan menjumpai banyak hotel, restoran, galeri, serta berbagai toko kerajinan lokal di sana.

Di Ubud, sobat akan mendapati pesona magis akan ketenangan, sebuah tempat yang penuh kedamaian di Bali. Banyak kegiatan menarik yang dapat sobat lakukan selama di Ubud, di antaranya naik sepeda di tepi sawah, mengunjungi museum, menikmati aneka kuliner Bali, menonton tari Kecak Api, arung jeram di Sungai Ayung, berbelanja di Pasar Ubud, dan lain-lain.

6. Pantai Jimbaran

Pesona Keindahan Pulau Dewata

Pantai Jimbaran memiliki air yang begitu jernih, dengan demikian banyak wisatawan menikmati berenang di pantai ini. Selain itu, kegiatan rileks dan berjemur adalah favorit lain yang disukai banyak pengunjung di Pantai Jimbaran.

Tahukah Anda? Ada banyak kafe dan hotel berbintang di kawasan pantai Jimbaran ini. Sobat dapat menikmati berbagai sajian makanan laut seperti ikan bakar dengan aroma yang khas dan lezat dari kafe-kafe yang berjajar di tepi pantai.

Itulah sebab mengapa tempat wisata Bali yang satu ini terkenal sebagai tempat menyantap hidangan laut dengan panorama pantai yang memikat di Bali. Datanglah ke Pantai Jimbaran sebelum pukul 5 sore. Maka, santap seafood sobat akan begitu berkesan tatkala senja merayap ke peraduannya di Pantai Jimbaran.

7. Nusa Dua

Pesona Keindahan Pulau Dewata

Nusa Dua telah populer sebagai tempat diselenggarakannya berbagai event kelas dunia di Bali. Telah banyak tokoh dan para pemimpin dunia yang menginjakkan kakinya di Nusa Dua. Tak ayal, di tempat wisata Bali yang satu ini banyak berdiri hotel kelas wahid dengan bangunan megah.

Untuk dapat sampai ke Nusa Dua, sobat harus menempuh perjalanan sejauh 8 km dari Bandara Internasional Ngurah Rai. Panorama paling memikat di Nusa Dua adalah hamparan pasir putih sepanjang 4 km dengan ribuan pohon nyiur. Kawasan wisata Nusa Dua ini berada di bagian paling selatan Pulau Bali.

8. Pantai Kuta

Pesona Keindahan Pulau Dewata

Ada ungkapan yang mengatakan, datang ke Bali tanpa mengunjungi Pantai Kuta belumlah lengkap. Panorama indah dengan kesan romantis yang kental adalah karakter utama dari tempat wisata di Bali yang satu ini. Di kawasan Kuta, terdapat banyak kafe, mall, hingga diskotik. Kawasan Kuta adalah tempat hiburan malam di Bali paling terkenal. Tak ayal, kawasan Kuta di Bali selalu penuh dengan kunjungan wisatawan.

Sobat akan melihat betapa ramainya orang di kawasan Kuta sehingga kemacetan lalu lintas bukan sebuah hal yang asing di tempat ini. Di Pantai Kuta, sobat dapat melakukan kegiatan surfing. Tersedia penyewaan papan selancar dan bahkan kursus surfing jika sobat mau. Di kawasan wisata Bali yang satu ini, sobat dapat menemukan beberapa hotel di Kuta serta aneka penginapan lainnya yang menarik.

9. Pantai Legian

Pesona Keindahan Pulau Dewata

Inilah salah satu pantai yang juga populer di kalangan penikmat perjalanan, baik domestik dan internasional. Hanya berjarak sekitar 6 km dari Bandara Ngurah Rai, akses ke pantai Legian begitu mudah untuk tempuh.

Pantai Legian adalah pantai yang disukai sebagai tempat surfing. Karena tingkat keramaian yang lebih rendah ketimbang Kuta, maka pantai ini diminati banyak wisatawan, terutama dari Australia.

Kawasan Legian adalah juga salah satu tempat hiburan malam di Bali sebagaimana yang ada di Kuta. Tersedia banyak diskotik hingga pub di tempat wisata Bali yang satu ini. Selain itu, sobat dapat memuaskan diri dengan berbelanja di kawasan Legian Bali. Tersedia berbagai mall dan aneka pusat perbelanjaan di sini.

10. Pura Uluwatu

Pesona Keindahan Pulau Dewata

Pura Uluwatu adalah pura yang paling terkenal di Bali. Sebagai salah satu destinasi wisata favorit, sobat akan disuguhkan pemandangan sunset yang tak kalah menawan sebagaimana yang dapat sobat saksikan di kawasan wisata Tanah Lot.

Pura ini mengarah ke Samudera Hindia, berdiri kokoh di atas batu karang yang menjorok ke laut, berketinggian sekitar 70 meter. Jika sobat datang ke Pura Uluwatu, sobat akan mendapati pertunjukan tari Kecak di tempat ini. Dengan latar belakang sunset yang menawan hati, kelompok penari laki-laki berjumlah sekitar 50 orang menyuguhkan sobat tari Kecak yang mengagumkan.

Pada area tempat wisata di Bali yang satu ini, pementasan Tari Kecak adalah yang paling mengasikkan. Sebab, durasi pementasan cukup lama, panorama sunset, serta adanya interaksi penonton.

Oleh – Oleh dan Kuliner Khas Bali

Sudah berkeliling pulau dewata, tidak sempurna kalau tidak menikmati kuliner dan jajanan khasnya, oleh – oleh khas Bali juga sangat banyak sekali macamnya. Dibawah ini merupakan oleh – oleh khas Bali yang tidak boleh sobat lewatkan ketika berkunjung ke Bali:

  1. Kacang Disco
  2. Pie Susu
  3. Pia Lenong
  4. Kerupuk Kulit Babi
  5. Kopi Kitamani
  6. Bali Home Spa
  7. Kerajinan Perak Celuk Bali
  8. Kerajinan Manik – Manik Bali
  9. Batik Bali
  10. Joger

Untuk kuliner Bali juga sangat kaya sekali dengan makanan khasnya, dan berikut ini adalah kuliner khas Bali yang sangat menggoda selera dan patut sobat cicipi saat berkunjung ke Bali:

  1. Bebek Betutu
  2. Babi Guling
  3. Bubur Menguh
  4. Srombotan
  5. Nasi Jinggo
  6. Lawar
  7. Nasi Tepeng
  8. Sate Plecing
  9. Sate Lilit
  10. Tum Ayam

Pesona Keindahan Pulau Dewata masih menjadi magnet nomor satu baik untuk turis lokal maupun manca negara, semoga artikel ini bisa menjadi referensi sobat dalam menyusun rencana liburan.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.