5 Manfaat Susu Almond untuk Kecantikan

5 Manfaat Susu Almond untuk Kecantikan

Susu Almond dikenal menyimpan banyak manfaat karena kaya akan gizi dan nutrisi yang baik bagi tubuh. Menurut Kristin Kirkpatrick, salah seorang Ahli Diet dan Manajer Layanan Nutrisi Kesehatan di Cleveland Clinic’s Wellness Institute, susu almond memiliki 50% kandungan lemak yang lebih rendah jika dibandingkan dengan susu sapi. Selain tidak mengandung kolesterol, susu yang bersumber dari nabati ini juga aman dikonsumsi para vegan. Bahkan, para wanita yang sedang diet pun akan merasa lebih aman saat mengonsumsi susu ini tanpa perlu khawatir gemuk.

Di tengah kepopuleran susu almond, ada yang perlu Sobat perhatikan dan catat. Susu almond tidak memiliki banyak protein atau kalsium untuk menjadi pengganti susu sapi sepenuhnya. Satu gelas susu almond hanya memiliki 1 gram protein bila dibandingkan susu sapi yang memiliki 8 gram. Selain itu kandungan kalsiumnya 2 miligram bila dibandingkan kandungan kalsium susu sapi yang mengandung 300 miligram.

Alicia Romano, ahli diet dari Frances Stern Nutrition Center di Tufts Medical Center, mengatakan, “Tidak seperti susu sapi dan susu kedelai, susu almond secara alami mengandung protein yang rendah.”

Susu almond yang dijual di pasaran memang mulai banyak. Tapi sebelum Anda membelinya, pastikan dulu dalam labelnya kalau susu almond yang Anda beli memiliki bahan-bahan nutrisi tambahan lainnya dan tidak mengandung pengawet yang buruk. Kalau Anda lebih memutuskan untuk membuatnya sendiri, silakan. Karena memang untuk membuatnya pun cukup mudah!

5 Manfaat Susu Almond untuk Kecantikan

Dari segi kesehatan tubuh, rutin meminum susu almond dapat menjaga kesehatan jantung, membantu menurunkan berat badan, mengurangi risiko diabetes, bahkan juga aman dikonsumsi oleh seseorang yang mengidap intoleransi laktosa. Selain menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan, susu almond juga baik untuk merawat kecantikan kulit. Kandungan vitamin E yang tersimpan di dalamnya, menjadikan susu almond efektif dalam menutrisi sekaligus merawat kulit. Bagi kamu yang gemar mengonsumsi minuman sehat ini, beruntung sekali! Pasalnya, selain kesehatan tubuh jadi lebih terjaga, kamu pun akan merasakan manfaat kecantikan berikut ini!

1. Regenerasi Kulit Lebih Cepat

Kandungan vitamin E yang tinggi dalam susu almond dapat mencukupi kebutuhan nutrisi kulit. Baiknya lagi, kandungan vitamin yang kaya anti-oksidan ini juga dapat dikamulkan untuk melawan efek buruk radikal bebas. Minyak yang ada di dalam vitamin E juga dapat mendorong produksi kolagen yang mana akan membuat kulit tetap kenyal. Selain itu, dengan konsumsi secara rutin atau menjadikannya sebagai bahan masker wajah, proses regenerasi kulit pun jadi lebih cepat.

2. Memperlambat Terbentuknya Sel Kulit Mati

Susu almond mengandung flavonoids, catechin, dan epicatechin yang bertugas untuk membantu mencegah terbentuknya sel kulit mati terus tumbuh dan menumpuk di lapisan teratas kulit. Jika mengonsuminya secra rutin, pertumbuhan sel kulit mati pun akan semakin melambat, yang mana akan berdampak pada cerahnya kulit wajah.

3. Mengendalikan Produksi Minyak

Beberapa masalah kulit seperti jerawat dan komedo, umumnya terjadikarena produksi minyak berlebih yang berujung pada terjadinya penyumbatan pori akibat terkontaminasi dengan kotoran dan debu. Dengan mengonsumsi susu almond secara rutin, produksi minyak di wajah pun dapat lebih terkendali.

4. Sebagai Pelembap Alami

Ternyata, susu almond juga bisa dijadikan sebagai DIY skin care, lho! Untuk melembapkan kulit, kamu bisa merendam kapas ke dalam wadah berisi susu almond. Setelah kapas terendam sempurna, peras hingga setelhan mengering. Setelahnya, tempel atau oleskan kapas pada kulit wajah, kurang lebih selama 5-10 menit hingga susu terserap maksimal ke kulit. Jika dilakukan secara rutin, kulit pun akan terasa lebih lembap berkat kandungan riboflavin yang dapat membantu meningkatkan produksi niacinamide di kulit.

5. Mengatasi Sunburn

Senang berlibur ke pantai? Atau, mungkin kamu sering lupa menggunakan tabir surya saat melakukan aktivitas di luar ruangan? Kegiatan outdoor memang sangat memungkinkan kamu mengalami sunburn akibat terlalu terpapar sengatan matahari. Nah, jika masalah ini terjadi, kamu pun dapat meredakannya dengan menggunakan Caranya pun tergolong cukup mudah, yakni dengan mengusapkan susu almond pada kulit yang terbakar secara rutin setelah mandi. Kandungan vitamin E yang dimiliki susu almond diketahui dapat meminimalisir kerusakan kulit yang terbakar.

Leave a Comment