Take a fresh look at your lifestyle.

Cara Setup Google AMP di WordPress

Google AMP di WordPressApakah Sobat ingin men-setup Google AMP di WordPress? Accelerated mobile pages atau AMP adalah cara untuk membuat beban situs Anda lebih cepat pada perangkat mobile. Fast loading situs menawarkan pengalaman pengguna yang lebih baik dan dapat meningkatkan lalu lintas Anda. Pada artikel ini, kami akan menunjukkan cara mengatur Google AMP di WordPress.

Apa itu Google AMP?

Google AMP singkatan Accelerated mobile pages. Ini adalah sebuah inisiatif open source didukung oleh perusahaan-perusahaan teknologi seperti Google dan Twitter. Tujuan dari proyek ini adalah untuk membuat beban konten web lebih cepat bagi pengguna ponsel. Karena sumber pembaca saat ini paling banyak datang dari perangkat smarphone dibandingkan desktop.

Google AMP di WordPressAccelerated mobile pages atau AMP menggunakan HTML minimal dan Javascript yang terbatas. Hal ini memungkinkan konten yang akan di-host di Google AMP Cache. Google kemudian dapat melayani versi cache ini untuk pengguna langsung ketika mereka mengklik link anda di hasil pencarian.
Hal yang serupa juga dilakukan oleh Facebook Instant Artikel. Namun, Artikel Instan hanya dibatasi untuk platform Facebook, lebih khusus untuk aplikasi mobile mereka.
Accelerated mobile pages platform-agnostic dapat digunakan oleh setiap aplikasi, browser, atau penampil web. Saat ini AMP juga digunakan oleh Google, Twitter, LinkedIn, Reddit, dan lain-lain.

Pro dan Kontra Google AMP

Ahli SEO mengklaim bahwa AMP akan membantu menaikan peringkat lebih tinggi di Google, untuk meningkatkan pengalaman pengguna ponsel pada koneksi internet yang lambat.
AMP menggunakan set terbatas HTML, JavaScript, dan CSS. Ini berarti Soat tidak dapat menambahkan widget dan fitur tertentu ke website AMP.
Sementara Google AMP mendukung Google Analytics, tidak mendukung banyak platform analisis lainnya. Sama juga untuk pilihan iklan yang terbatas, hanya untuk beberapa platform iklan. Meskipun banyak keterbatasan, Google mendorong halaman AMP diutamakan dalam pencarian perangkat mobile.

Cara Setup Google AMP di WordPress

- Advertisement -

  1. Install dan aktifkan AMP plugin dari Automattic. Setelah aktif, lanjut ke menu tampilan dan klik menu AMP untuk melihat dan mensetting tampilan AMP Sobat. Setiap perubahan yang dilakukan jangan lupa disave atau simpan.Google AMP di WordPress
  2. Untuk melihat hasilnya pada halaman blog sobat cukup dengan mengetikan seperti ini http://example.com/2016/10/my-blog-post/amp atau http://example.com/ampGoogle AMP di WordPress
  3. Jika Sobat melihat kesalahan 404 ketika mencoba untuk melihat versi amp jangan gundah gulana, sobat hanya perlu masuk ke pengaturan lalu klik permalink lalu klik tombol save (tdk perlu merubah apa pun).

Memodifikasi AMP

AMP plugin untuk WordPress hadir dengan pilihan kustomisasi yang sangat terbatas. Namun Sobat dapat menggunakan beberapa plugin WordPress lainnya untuk menambahkan beberapa penyesuaian lagi.
Jika Sobat sudah menggunakan Yoast SEO, maka Sobat perlu menginstal dan mengaktifkan Glue for Yoast SEO & AMP. Ini adalah plugin add-on untuk Yoast SEO dan AMP plugin. Setelah aktivasi, Sobat hanya perlu untuk mengunjungi halaman SEO »AMP untuk mengkonfigurasi pengaturan plugin.
Google AMP di WordPressPada tab desain, Sobat dapat memilih warna dan pilihan desain. Sobat juga dapat meng-upload logo dan gambar header standar yang akan digunakan saat posting tidak memiliki gambar sendiri.Google AMP di WordPress

Setelah selesai sobat bisa beralih ke tab Analytics untuk menambahkan ID Google Analytics Anda. Jangan lupa untuk mengklik tombol simpan untuk menyimpan perubahan Anda.

Ada banyak plugin untuk menambahkan posting terkait, widget footer, dan bahkan sosial ikon media ke halaman AMP Sobat.

Sebagai contoh beda loading antara web mobile biasa dan google amp silahkan klik link dibawah via browser smarphone Sobat :

  1. Web Mobile biasa : http://opinikoe.id
  2. Google AMP : http://opinikoe.id/amp

Demikian artikel Cara Setup Google AMP di WordPress, semoga bermamfaat. Selamat mencoba…

Anda mungkin juga berminat
5 Komen
  1. tono berkata

    nice info gan…

  2. Luntas Football berkata

    Nice info. Pengen di terapkan di luntas football luntas.id

  3. Rizkyzone.com berkata

    Kalau saya gak pakaia Glue for Yoast SEO & AMP, setelah saya pasang Plugin AMP bikinan Automatic, terus saya padukan dengan plugin AMP bikinannya Ahmed Kaludi dan hasilnya sepertti ini.

  4. Andreas berkata

    Gan, saya save kode analytic ga bisa ya. Kosong terus. Tks

    1. Usman berkata

      iy gan..memang spt itu, tp itu sudah jalan…coba aja dimonitor lewat google analyticnya…klu ragu tambahkan plugin gadwp

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.