Cara Setting Doku di Woocommerce

Cara Setting Doku di Woocommerce

Banyak tutorial diinternet yang membahas bagaimana cara membangun sebuah toko online , namun sangat sedikit yang membahas bagaimana cara membuat pembayaran otomatis yang terintegrasi seperti lazada, bukalapak, dan lain-lain.

Nah…pada artikel Cara Setting Doku di Woocommerce, kita akan membahas total seluk beluk pembayaran otomatis pada toko online terutama yang membangun toko onlinenya pada wordpress dan woocommerce.

Cara Setting Doku di Woocommerce

Mungkin sobat bertanya apa itu doku payment gateway??? Sebenarnya doku merupakan provider transaksi online yang bertindak sebagai penghubung pembayaran antara pembeli dan penjual disebuah toko online. Lihat gambar skema sistem kerja payment gateway berikut :

Cara Setting Doku di Woocommerce
skema sistem kerja payment gateway

Keuntungan Payment Gateway

  1. Pilihan metode pembayaran banyak mulai lewat kartu kredit, lewat atm, internet banking, dan via retail seperti indomaret atau alfamart.
  2. Penjual dan pembeli tidak ribet untuk saling konfirmasi soal pembayaran, karena kalau pembayaran sukses provider payment gateway akan mengirimkan email kepenjual dan pembeli bahwa transaksi sukses dibayar.
  3. Meminimal terjadinya penipuan pembayaran, karena sudah dijembatani oleh provider payment gateway.
  4. Meningkatkan penjuallan toko online kita karena prosedur pembayaran mudah dan banyak pilihan, sehingga memperkecil waktu pembeli untuk berpikir untuk tidak jadi bertransaksi ditoko online kita.
  5.  Dan lain lain.

Kekurangan Payment Gateway

  1. Adanya cas atau komisi dari setiap transaksi sukses max 4% kepada penjual.
  2. Dana bisa transaksi di provider payment gateway bisa diambil seminggu sekali. Untuk penarikan real time dana, ada syarat dan ketentuan khusus.

Doku

Doku merupakan provider payment gateway di Indonesia, yang sudah berpengalaman dan banyak dipergunakan oleh perusahan-perusahan besar dalam menjalankan bisnis online mereka, seperti garuda indonesia, firtmedia, dompet duafa, dan lain-lain.

Cara Daftar & Konfigurasi Doku

  1. Klik link ini untuk registrasi ke DOKU.
  2. Isi semua data yang diperlukan.
  3. Siapkan scan npwp dan ktp, karena file tersebut diperlukan untuk melengkapi data registrasi.
  4. Setelah melengkapi semua data, tunggulah konfirmasi lebih lanjut dari pihak DOKU. Namun sambil menunggu konfirmasi lebih lanjut kita sudah bisa masuk ke dashboard utama kita untuk mendownload plugin payment gateway dan melakukan tes integrasi ke toko online kita.

Berikut langkah-langkahnya :

Cara Setting Doku di Woocommerce
klik menu website,
Cara Setting Doku di Woocommerce
download plugin wordpress woocommerce
upload,install, & aktifkan plugin tersebut di website sobat
Cara Setting Doku di Woocommerce
Sekarang menyeting DOKU di woocommerce. Klik woocommerce – setting – checkout – myshortcard.
Cara Setting Doku di Woocommerce
api key ada didashboard doku
Cara Setting Doku di Woocommerce
Masukan store id dan shared key, yang terdapat di dashboad DOKU. Untuk prefik sobat isi angka sebanyak 4 digit. Jika sudah selesai klik save.
Cara Setting Doku di Woocommerce
Sekarang kita kembali kehalaman dashboad doku, website – integrasi website – klik cms – wordpress – klik saya sudah install. Maka sobat akan berada dihalaman setting parameter, copas url to put at myshortcart server ke kolom masing-masing, yang sobat copas cukup veritf url dan notify url, lihat contoh gambar.

Pada tahap ini toko online sobat sudah terintegrasi payment gateway doku, tinggal menunggu konfirmasi hasil verifikasi data yang telah diisikan disaat mendaftar.

Demikian tutorial Cara Setting Doku di Woocommerce, semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan pesan dikolom komentar.

2 thoughts on “Cara Setting Doku di Woocommerce”

Leave a Comment