7 Pura Bali yang Patut Anda Kunjungi

7 Pura Bali yang Patut Anda Kunjungi
7 Pura Bali yang Patut Anda Kunjungi

Pulau Bali, merupakan pulau yang berada di kawasan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan paling terkenal di hampir penjuru Dunia. Pulau ini menyimpan keindahan alam dan keunikan budaya yang masih melekat hingga saat ini. Selain itu keramah tamahan dari penduduknya juga menjadi ciri khas dari Pulau Bali, dan bisa membuat kita betah berlama – lama berwisata ke destinasi yang berjuluk Pulau Dewata ini. Budaya di Bali memang bisa dikatakan terlestarikan dari generasi ke generasi, bukan karena banyaknya wisatawan yang mengunjunginya, melainkan memang komitmen dari warga Bali yang akan terus mempertahankan kebudayaanya sehingga menjadi ciri khas dari Bali sendiri.

Pulau Bali juga merupakan tempat berkumpulnya wisatawan yang berasal dari penjuru dunia, mulai dari mereka yang berniat datang untuk menikmati keindahan pegunungan, danau, sampai mereka yang datang dan berniat untuk menikmati keindahan pantai serta berselancar di ombak yang ada di Bali. Tidak hanya itu, banyak juga wisatawan yang datang ke Bali hanya untuk berbelanja dan menghabiskan waktu mereka disini.

7 Pura Bali yang Patut Anda Kunjungi

Tak hanya suguhan pesona alam yang ditawarkan, bali pun tersohor akan adat istiadat dan budaya yang berpadu dengan spiritualitas warga lokal. Untuk menikmati nuansa spiritualitas di Bali, berikut 7 Pura Bali yang Patut Anda Kunjungi.

1. Pura Besakih

7 Pura Bali yang Patut Anda Kunjungi

Terletak di desa Besakih di timur Bali, kompleks pura ini jadi yang paling disucikan di Bali. Terletak di ketinggian 1.000 meter di lereng gunung Agung, pura ini dibangun dalam enam tahapan. Candi Bentar adalah pintu masuk pura ini, sedangkan Kori Agung adalah pintu masuk menuju halaman kedua.

2. Pura Goa Gajah

7 Pura Bali yang Patut Anda Kunjungi

Dibangun pada abad ke-9, pura ini jadi tempat suci yang berlokasi di sebuah pulau di dekat Ubud. Kamu akan temukan relief-relief menakjubkan yang berjajar rapi di sini. Juga, mulut gua yang menghantarkanmu pada nuansa spiritual yang begitu kentara.

3. Pura Ulun Danu Bratan

7 Pura Bali yang Patut Anda Kunjungi

Pura yang berlokasi di tepi danau Bratan ini biasa digunakan untuk pemujaan Dewi Danu. Selain jadi lokasi pura suci, danau Bratan juga berfungsi sebagai irigasi bagi persawahan warga lokal. Tak hanya Hindu, para pemeluk Buddha pun bisa beribadah di pura ini.

4. Pura Tirta Empul

7 Pura Bali yang Patut Anda Kunjungi

Yang paling terkenal dari pura ini adalah kolam air suci yang biasa digunakan untuk membasuh tubuh. Di dalamnya terdapat mata air yang digunakan oleh para pemeluk hindu untuk mandi dan memohon tirta suci. Berlokasi di dekat Tampaksiring, pura ini digunakan untuk pemujaan dewa Wisnu.

5. Pura Luhur Uluwatu

7 Pura Bali yang Patut Anda Kunjungi

Pura yang ada di ujung barat daya pulau Bali ini berada di atas anjungan batu karang yang menjorok ke laut. Terletak diketinggian 97 meter di atas pemukaan laut, tempat ini berfungsi sebagai penyangga kesucian pura. Selain itu, kamu juga bisa menyaksikan tari kecak yang dipertunjukkan menjelang matahari terbenam di hari-hari tertentu.

6. Pura Gunung Kawi

7 Pura Bali yang Patut Anda Kunjungi

Pura yang sudah berdiri sejak abad ke-11 ini berlokasi di Tampaksiring. Terletak di tepi sungai Pakerisan, pura ini terdiri dari 5 candi yang sedikit terbenam ke gunung batu. Masing-masing puranya memiliki tinggi hingga 7 meter. Berada di wilayah persawahan, kamu akan merasakan ketenangan yang dihantarkan oleh Pura Gunung Kawi.

7. Pura Goa Lawah

7 Pura Bali yang Patut Anda Kunjungi

Terkenal sebagai salah satu pura penting di Bali, Goa Lawah tak hanya berupa bangunan. Melainkan gua yang dihuni oleh ribuan kelelawar. Tempat pemujaan dewa laut ini diperkirakan sudah ada sejak abad ke-11. Dikukung pepohonan rindang, mulut gua seakan memberi nuansa spiritual yang begitu menenangkan. Berada di perbatasan bukit dengan pantai, membuat pura ini punya pemandangan yang kian mempesona.

Tak perlu jauh ke ashram di India untuk merasakan spiritualitas yang menggantung dengan begitu dominan di setiap tarikan napas. Bali pun sanggup memberikan nuansa intim tersebut. Tapi, kalau kamu punya rekomendasi pura lain yang harus dikunjungi di Bali, langsung tuliskan di kolom komentar aja.

Leave a Comment