5 Tips Supaya Tidak Gemuk disaat Ramadhan

5 Tips Supaya Tidak Gemuk disaat Ramadhan
5 Tips Supaya Tidak Gemuk disaat Ramadhan

Saat Ramadhan frekuensi makan memang akan berubah drastis. Biasanya kita akan makan paling tidak tiga kali dalam sehari, namun saat Ramadhan kita hanya makan dua kali saja yaitu pada saat sahur dan juga buka puasa. Meskipun demikian, beberapa orang malah mengalami lonjakan berat badan yang cukup drastis. Alih-alih bertambah kurus atau berat badan turun, puasa malah membuat tambah gemuk. Well, apakah penyebabnya?

Lonjakan berat badan ini ternyata disebabkan oleh pola makan yang salah saat sahur dan juga berbuka. Meskipun sedang berpuasa rupanya makan makanan sehat tetap harus diperhatikan betul. Pemilihan jenis menu makanan dan juga banyaknya makanan yang masuk ke dalam tubuh juga tetap harus diatur.

5 Tips Supaya Tidak Gemuk disaat Ramadhan

Berikut ini adalah 5 Tips supaya tidak Gemuk disaat Ramadhan yang bisa kamu ikuti agar berat badan tak melonjak banyak saat sedang berpuasa.

  1. Tips pertama yang harus diperhatikan adalah jangan pernah melewatkan makan sahur. Tidak sahur selain membuatmu tak berenergi saat beraktivitas juga akan membuatmu makan banyak saat berbuka nantinya. Konsumsilah banyak protein saat sahur agar bisa kenyang lebih lama. Jangan makan terlalu sedikit dan jangan pula terlalu banyak.
  2. Selanjutnya perbanyak konsumsi air putih saat sahur dan berbuka. Minum setidaknya 2 gelas air putih saat pertama berbuka atau sebelum makan makanan berat. Selain menjaga tubuh agar terhidrasi dengan baik, ini juga akan mencegahmu makan terlalu rakus.
  3. Atur porsi makan dengan sebaik mungkin. Jangan “balas dendam” saat buka puasa. Berhentilah segera setelah kamu merasa kenyang. Karenanya sangat disarankan berbuka puasa dengan air putih dan makanan ringan dulu alias takjil untuk mengganjal perut. Setelah itu jalankan ibadah sholat magrib dan barulah bersantap dengan makanan berat saat berbuka puasa.
  4. Ini juga tips yang sangat penting, sebisa mungkin hindari makan makanan berat sebelum tidur. Ini akan menumpuk menjadi lemak jika setelah makan kamu langsung tidur. Setidaknya beri jarak 3 jam untuk makan sebelum tidur malam.
  5. Jangan jadikan puasa sebagai alasan kamu untuk malas bergerak atau beraktivitas. Olahraga kecil seperti jalan-jalan pagi harus tetap dilakukan. Ini juga akan membantu membakar kalori.

Itulah beberapa tips mudah yang bisa Sobat ikuti agar berat tubuh tak melonjak drastis saat sedang berpuasa. Selamat berpuasa dan semoga mendapatkan berkah di bulan Ramadhan ini.

Leave a Comment