Media Informasi & Pembelajaran

4 Efek Samping Kalau Sering Makan Frozen Food Untuk Kesehatan

Frozen Food
Ilutsrasi frozen food | Sumber Foto: pixelbay

Masak makanan sehat setiap hari ternyata sangat melelahkan. Soalnya, meskipun kamu jadi tidak jajan di luar dan bisa lebih banyak menghemat uang, tapi ada banyak hal yang harus kamu persiapkan untuk memasak setiap hari. Mulai dari belanja makanan di pasar segar, hingga harus bangun lebih pagi untuk memasak. Kadang, perkara waktu, kamu bisa menyiasatinya dengan memilih menu yang gampang dimasak.

Tapi kadang-kadang kamu bangun kesiangan dan tidak punya banyak waktu untuk masak dan mempersiapkan segalanya. Akhirnya, makanan beku atau frozen food jadi andalan. Selain rasanya enak, hampir semua orang suka, kamu juga nggak butuh waktu dan bahan makanan yang banyak untuk memasaknya. Bahkan, beberapa produk makanan beku bisa kamu hangatkan saja di mcrowave. Tapi sayangnya, terlalu sering makan makan beku bisa menimbulkan banyak penyakit.

4 Efek Samping Kalau Sering Makan Frozen Food

1. Diabetes

Ternyata, terlalu banyak makan makanan beku bisa menimbulkan diabetes. Dilansir dari Style Craze, hampir semua makanan beku menggunakan kanji atau tepung untuk membuat makanan beku itu tetap segar. Sayangnya, tepung ini merupakan polimer atau rantai dari glukosa. Nah, tubuhmu mengubah glukosa ini menjadi gula sebelum dicerna. Nah, kalau terlalu banyak glukosa dan gula dalam tubuh, akan mendorong timbulnya penyakit diabetes.

2. Penyakit Jantung

Ada banyak orang yang berdalih kalau selalu makan sayuran beku. Mereka berpikir, hanya makanan beku seperti nugget dan lainnya yang berbahaya buat kesehatan. Padahal, semua makanan beku, termasuk frozen vegetables dan fruits juga sama bahayanya. Selain bisa menimbulkan diabetes, makanan beku juga bisa bikin kesehatan jantung terganggu. Soalnya, frozen food banyak mengandung trans fat.

3. Darah Tinggi

Nah, karena mengandung banyak trans fat dan juga glukosa, frozen food juga bisa mengakibatkan tekanan darah menjadi lebih tinggi. Kalau sudah parah, penyakit darah tinggi ini bisa menyebabkan penyakit atau gangguan kesehatan lainnya, lho!

4. Kanker

Akibat terburuk adalah munculnya kanker dalan tubuhmu. Makanan beku ini banyak yang mengandung pengawet. Dilansir dari sumber yang sama, sebuah penelitian di Amerika Serikat menunjukkan, orang yang makan makanan beku, terutama daging-dagingan, terkena kanker pankreas. Makanya, mulai sekarang makanlah makanan segar dan jauhi makanan beku.

Anda mungkin juga berminat
Comments